Kamis, 13 Maret 2014

TUGAS DAN PERAN ORANGTUA DALAM MENDUKUNG PENDIDIKAN PUTRA PUTRINYA DISEKOLAH.


Seperti yang pernah saya bicarakan sebelumnya bahwa peran orangtua sangatlah penting dalam keberhasilan pendidikan anak anaknya. Pendidikan bukan saja membuat peserta didik bertambah ilmu pengetahuan yang dikuasainya, akan tetapi juga pendidikan berarti pengembangan diri bagi peserta didik. Keberhasilan pendidikan selain diukur dr tambahnya kemampuan koqnitif siswa juga dilihat sampai seberapa besar adanya perubahan sifat dan tingkah lakunya. Untuk pengembangan sifat dan tingkahlaku inilah peran orangtua diperlukan dalam mendidik anak anaknya. Hal ini buakn berarti sekolah berlepas tangan, namun pendidikan karakter itu berlangsung dalam 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 12 buln setahunnya. Sementara anak anak ada disekolah paling banyak 8 jam sehari, sisa yang 16 jam praktis anak tidak dalam pantauan sekolah, disitulah peran orangtua diperlukan dalam pengembangan sifat dan tingkah laku siswa. Oleh karena itu kesadaran orangtua akan perannya ini sangat diperlukan, sampai sampai saya pernah menulis tentang PERLUNYA MENDIDIK ORANGTUA SISWA. Agar orangtua punya kesadaran dan kemaun untuk ikut berperan dalam pendidikan putra putrinya.
 Kerja sama orangtua dan sekolah, diperlukan dalam pendidikan, oleh karena itu komunkasi anatar orangtua dan sekolah haruslah intensif, karena keduabelah pihak harus memiliki pandangan yang sama akan pendidikan dan punya kesamaan sikap dalam setiap hal, agar siswa tidak bingung dalam meyerap nilai nilai. Jangan samapi sesuatu yang dilarang disekolah malah dianjurkan di rumah. Kalau ini terjadi, murid bukannya belajar dan berkembang karakternya tapi malah mengalami disorientasi terhadap nilai nilai karena sikap yang tidak sama antar sekolah dan orangtua. Pemenuhan peran orangtua ini adalah suatu keharusan dijaman sekarang ini, orangtua tidak boleh mengelak dari tugas pokonya dalam pendidikan ini kalau ingin anak anak mereka berhasil dalam sekolah dan hidupnya kelak. Untuk memeperjelas betapa pentingnya peran orangtua dalam dunia pendidikan dewasa ini, ada baiknya juga sekolah menunjukkan bahwa peran peran stake holder pendidikan memang sudah berubah seperti yang pernah saya tulis sebelumnya di  “pergeseran Peran dalam dunia pendidikan di masa depan menurut Eric Jordan”.
Bagai orangtua yang sudah menyadari perannya dalam pendidikan, dalam artikel ini, penulis ingin menunjukkan beberapa hal yang penting untuk dilakukan oleh orangtua untuk mendukung sekolah menggembeleng dan mengembangkan putra putrinya, dengan harapa putra putrinya bisa berkembang dan bertumbuh sesuai dengan jaman dimana mereka akan hidup dan menghidupi diri sendiri. Hala hal berikut perlu didsarai perlunya dan dilakukan oleh orangtua:
1.     Menghormati visi misi dan kebijakan  sekolah, karena visi misi dan kebijakan sekolah adalah sumber filosofi serta arah pendidikan yang dilaksanakan sekolah . menghormati hal ini sama artinya menjaga ruh sekolah tersebut. Menghancurkan vii misis dan kebijakan sekolah adalah menjabut ruh sekolah atau mengharapkan mati sekolah tersebut.
2.     Menghormati dan mendukung  peraturan sekolah. Peraturan sekolah diciptakan untuk membentuk kedisiplinan dan  sebagai acuan dalam pembentukan karakter siswa. Dalam hal aturan dan kedisiplinan ini orangtua sanagt tidak dianjurakn punya pandangan yang berbeda dari sekolah, agar siswa tahu benar aturan, nilai dan etika yang benar, dan tidak gamamang dalam menyerap niali nialai dikarenakan perbedaan pandangan anatar sekolah dan orangtua.
3.     Mendukung siswa untuk tetap belajar di rumah dengan menyedikan waktu dan tempat untuk belajar dengan orangtua sebagi supervisornya. Artinya orangtua harus memastikan anak anaknya memiliki alokasi waktu untuk belajar di rumah, dan punya etos belajar yang baik, oleh karena itu orangtua wajib meluangkan waktu untuk mensupervisi kegiatan belajar anak anaknya.
4.     Mendukung sekolah dalam pemberian tugas tugas rumah ataupun pekerjaan rumah, baik yang berupa tugas tugas pengembanagn koqnitif sisw maupun tugas tugas, psikomptorik dan ketrampilan hidup lainnya. Orangtua wajib mendorong anak anaknya untuk mengerjakan semua tugas tugas rumahnya dengan sempurna. Orangtua bukan saja mensuperfisi tugas anak anaknya tapi juga harus member dukungan, bantuan dan bahkan menyediakn bahan serta danan bila diperlukan untuk mengerjakan tugas tugas sekolah anaknya.
5.     Orangtua wajib mendatangi rapat disekolah bila sekolah mengundang orangtua untuk rapat. Kebiasan orantua siswa kalau diundang tidak pernah datang atau malah mewakilkan pembantu untuk datang, harus segera diakhiri. Rapat orangtua itu penting karena akan membeicarakan nasib dan masadepan putra putrinya, maka sudah seharusny di datangi. Karena kaau sekolah punya program bagus orangtua harus tahu dan mendukung tapi kalau sekolah punya program yang tidak baik oarngtua bisa menghentaikan program itu dalam rapat.
6.     Orangtua harus meluangkan waktu untuk membicarakan apa yang dialami apa yang dipelajari anaknya setiap hari. Pertanyaan dan kepedulian orangtua atas apa yang dipelajari dan yang dialami anak anaknya sangat memebantu keyakinan siswa siswa itu dalam melanjutkan proses belajar karena mereka merasa bahwa mereka dapat perhatian yang cukup baik dari orangtua maupun dari guru gurunya disekolah. Tentu kita maklum betapa senangnya kalau kita selalu diperhatikan.
7.     Sebagai orangtua janganlah pelit member komentar yang membanggakan dan memuji kalau anaknya membuat sebuah prestasi atau berbuat yang baik, serta member dorongan dan semangat saat anaknya merasa terpuruk. Pujian sangat berarti bagi jiawa jiwa muda itu dan dorongan adalah obat yang sangat mujarab bagi rasa sakit karena kegagalan dan keputusasaan. Keduanya memebuat anak bahagia. Kenapa harus tidak dilakukan oleh oreangtua demi kebahagian dan semangat belajar anak?
8.     Awasi kegiatan anak yang lain seperti acara TV apa yang dilihat, games apa yang dimainkan dan apa yang mereka lihat di internet. Orangtua harus memeperhatikan dengan sangat hal hal tersebut agar mampu mengatur intensitas, lamanya dan isis dari apa yang mereka lihat dan apa yang mereka mainkan. Tujuannya agar  anak tidak menyimpang dari dunia belajarnya dan terhindar dari pengaruh negative tontonananya.
9.     Seringlah menghubungi sekolah, wali kelas anak anaknya untuk mengetahu perkembangan anaka anaknya. Agar  kalau terjadi penyimpangan bisa terdeteksi secar dini. Kalau ada kemajuan dari anak anaknya bisa didorong agar lebih baik lagi.
10.   Bacalah buku harian/jurnal/ surat dari guru. Guru menulis sesuatu pastilah itu penting bagi putra putrid bapak dan ibu. Kalau ga penting ngapain guru repot repot tulis sesuatu untuk orangtua. Oleh karena itu hormatilah apa yang mau disampaikan guru/sekolah pada anda sebagi orangtua.
11.   Berpakain yang sopan kalau ke sekolah, juga penting untuk memebri contoh pada anak anaknya untuk mampu menghormati sebuah institusi.
12.   Bayarlah SPP pada waktunya biar ga bikin pusing kepala sekolah LOL…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya sangat berterimakasih kalau anda tinggalkan komentar disini