Kamis, 21 Februari 2013

Guru hebat yang akan merubah dunia (bagian 2)






Kini saatnya kita lanjutkan untuk membicarakan hal hal yang harus ada dan dilakukan seorang guru hebat yang bisa membawa perubahan di dunia ini. Di artikel sebelumnya, Guru hebat yang akan merubah dunia (bagian 1), kita sudah membicarakan lima hala yang harsus dilakukan guru hebat ini dan sekarang kita akan lanjutakan dengan hal hal lain yang sama pentingnya untuk segera dilakukan calon calon guru hebat indonesia. Baiklah kita mulai dari;

w  Have self-awareness
Seorang guru yang baik harus memiliki kesadaran diri yang tinggi. Hanya dengan kesadaraan diri yang tinggi orang bisa mengontrol tingkahlakunya dan mampu membuat perencanaan yang matang akan semua hal yang dilakukannya. Keasadaran diri ibaratnya adalah sebuah program bagi komputer. Tanpa ada programnya apa yang bisa dilakuakn sebuah komputer? Kesadaran diri seorang guru akan tumbuh apabila guru tersebut bisa memiliki empat hal;
Pertama kehormatan, seorang guru haruslah meyakini bahwa profesinya adalah profesi yang terhormat dan oleh karena itu dia harus yakin bahwa dia adalh orang yang terhormat dan menjaga kehormatan itu haruslah diyakini sebagi suatu hal yang harus dilakukan. Itu artinya seorang guru tidak boleh bertingkah, berlku, berbuat dan bertutur kata yang akan merusak kehormatannya.
Yang kedua adalah kebanggan,seorang guru yang hebat harus yakin bahwa profesinya adalah profesi yang penting dan membanggakan. Guru yang hebat tidak akan mencederai kebanggaannya terhadap profesi yang dia sandang. Itulah kenapa menjadi guru atau kalau sekolah memilih guru haruslah orang yang secara naluriah punya panggilan jiwa untuk jadi guru, karena hanya orang orang yang memiliki natural call inilah yang akan bisa menjaga kebanggannya sebagai guru dan oleh karena itu akan bekrja dengan sebaik baiknya sebagai guru. Beda dengan guru yang bekerja karena kepepet tidak ada pekerjaan lain, golongan ini pasti tidak membanggakan profesinya dan oleh karena itu mereka akan bekerja dengan malas dan ogah ogahan karena mereka tidak memiliki kebanggaan dalam hal ini.
Yang ketiga adalah penghargaan diri. Setelah terkumpul rasa hormat dan bangga pada diri sendiri dan profesinya, seorang guru akan memiliki rasa penghargaan diri yang tinggi. Penghargaan diri ini sangat penting dimiliki seorang guru karena penghargaan pada diri sendiri  yang tinggi dari seorang gurulah  yang akan membawa guru pada point keempat yaitu rasa percaya diri.
Tak bisa diragukan lagi bahwa seorang guru sangat memerlukan rasa percaya diri, karena hanya dengan rasa percaya dirilah seorang guru mampu mengajar siswanya dan mengendalikan kelas yang harus mereka ajar. Selain itu rasa percaya diri juga diperlukan seorang guru untuk bisa menghadapi orang tua siswa dan masyarakat pada umumnya. Rasa percaya diri seorang guru akan menyiratkan  mutu dari sekolah dimana guru itu mengajar. Tentu anda sendiri akan sangsi dengan mutu sekolah yang bila diajak bicara gurunya nampak grogi dan plendas plendus bukan? Dan itu artinya rasa percaya diri seorang guru akan menentukan puas atau tidak puasnya orangtua terhadap ppendidikan yang diberikan di sekolah.

w  Create safe and comfortable environment
Seorang guruyang hebat adalah juga seorang guru yang mampu menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman. Sudah berulang kali dan dibeberapa artikel, penulis bicara tentang pentingnya kondisi aman dan nyaman untuk belajar ini. Karena siswa hanya akan bisa belajar dengan benar dan fokus bila mereka merasa aman secara psikologis dan nyaman secara fisik badaniah. Untuk memperoleh susanan itu guru harus memastikan hal hal berikut:
a.       Lingkungan belajr yang baik bagi siswa adalah lingkungan belajar yang terbebas dari hal hal yang membuat siswa tertekan (stressors). Oleh karena itu guru harus mampu mengidentifikasi stressors yang mungkin timbul dalam ruangan kelasnya dan membuangnya jauh jauh.  Stressor bisa dikarenakan situasi lingkungan misal, kebisingan, suasana panas dan sumpeg, tugas tugas guru yang kebanyakan melebihi batas kemampuan siswa untuk mengerjakannya, atau dari lingkungan pergaulan siswa itu sendiri misal ada satu dua siswa yang suka melakukan bullying terhadap siswa yang lain. Bahkan stressor itu bisa gurunya sendiri yang sok galak, sok berwibawa, omongannya kurang santun, suka memepermalukan siswa didepan teman temannya dll. Namun bisa juga stressor itu berasal dari luar kelas, misal saja diluar sana ada preman atau anak nakal yang suka menghadang dan mmemalak siswa. Semua hal itu harus dihilangkan oleh guru yang hebat kita.
b.      Lingkungan yang nyaman untuk belajar, juga harus memberikan semua siswa kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang. Guru harus mampu meningkatkan partisipasi semua siswanya dalam belajar. Jangan biarkan ada anak yang tertinggal dan tidak terlibat dalam proses belajar. Istilah kerennya “ no one left behind”.
c.       Suasana belajar akan semakin enak dan nyaman kalau guru mampu memuat suasan yang bisa mengembangkan fungsi otak kiri maupun otak kanan. Karena dengan pelibatan kedua belahan otak. Siswa akan makin merasa pintar dan tertanntang untuk maju sehingga mereka bisa merasa nyaman dalam belajar. Belajar akan terasa menyenangkan bagi siswa kalau mereka bisa mengembangkan kemampuan kedua belah belahan otaknya secara bersamaan. Caranya? Yah pikir sendiri atuh mas.....hahahha...

w  Possess creative thinking
Banyak siswa kehilangan semangat belajarnya bukan karena mereka malas atau bodoh, tapi karena cara dan metode pengajaran yang dipakai guru begitu saja, monotone. Guru datang berdiri buka buku bicara sendiri dengan nada datar. Waduh... betapa ngeboseninnya guru macam ini. Nah tugas guru hebat adalah mencari methode dan pendekatan pembelajaran yang tepat dan beragam bagi masing masing siswa. Siswa tidaklah seragam dalam hal gaya belajarnya, dan guru haruslah mengakomodasii semua gaya belajar siswanya, dengan metode dan pndekatan yang monotone bagaimana guru bisa mengakomodasi semua gaya belajar? Oleh karean itu tidaklah salah kalau salah satu kwajiban guru adalah banyak banyak baca buku tentang pendidikan dan banyak diskusi dengan sesamam guru untuk saling bertukar best practices  dalam hal pendidikan dan pengajaran. Dengan banyak belajar, membaca dan berdiskusi dengan sesma guru diharapakan gru mempunyai pikiran yang kreatif baik dalam hal pengajaran maupun dalam hal materi yang diajarkan. Begitulah guru hebat bertindak.

w  Learn how to learn
Diatas sudah disinggung tentang perbedaaan gaya belajar yang dipunyai siswa siswi kita, ada yang punya gaya belajar auditory, kinestetik, taktil, visual dan seterusnya. Nah tugas guru adalah mampu mendorong siswanya untuk bisa belajar untuk belajar. Maksudnya mendrong siswanya untuk memahami gaya belajar yang tepat bagi dirinya sendiri. Selain itu untuk memepertajam kepandaian siswa guru yang hebat harus juga mampu dan memberi waktu semua siswanya saling belajar dan mengajar. Siswa diijinkan untuk saling mengajari. Dengan cara ini siswa juga akan semakin mudah untuk mengetahui gaya belajar yang tepat bagi mereka sendiri. Selian itu akan mudah dan enak untuk bertanya daan memperdalam ilmu bilan yang mengajar adalah teman sendiri.
Dengan berlandaskan kesadaran bahwa setiap siswa punya karakter dan punya gaya belajarnya sendiri sendiri, tentu guru harus meyakikan diri bahwa tidak akan menggunakan pendekatan yang sama baik untuk mendorong siswa belajar maupun untuk memecahkan permasalahan psikis dan sosialnya.
w  Teach from the heart
Yang berikutnya, guru hebat haruslah melakukan tugasnya dengan tulus dan iklas. Niat yang tulus untuk mendidik putra putri tunas bangsa demi kemajuan bangsa dan negara di masa depan harus dimiliki oleh guru hebat. Ketulusan niat akan membawa kesabaran apabila menghadapi permasalahan selama menjalankan tugasnya sebagi guru. Ketidaktulusan niat sebaliknya akan membawa sikap tidak sabar dan amarah dalam menjalankan tugas bila ada permasalahan dalam bertugas. Itulah kenapa mencari guru haruslah yang memang memiliki panggilan jiwa menjadi guru. Jangan ambil guru dari orang yang kebetulan sarjana lagi nganggur sehingga kerja apa saja diiyakan termasuk jadi guru. Guru yang karena kepept begini tidak bisa diandalkan kesabarannya dalm menjalankan tugasnya yang jelas butuh kesabaran membimbing siswa. Oleh karena itu psikotest sepertinya layak dilakukan untuk menjaring guru yang benar memiliki natural call ini.


w  Keep it clear.
Semua yang jelas akan menimbulkan rasa nyaman dan tenang. Semua orang akan senang kalau semua hal yang dihadapinya jelas. Nah sebagai guru anda haruslah membuat semua hal jadi jelas bagi siswa dan siswi anda, agar mereka juga bisa merasakan nyaman dan tenang dalam belajarnya. Nah apa saja yang harus jelas dan bagaimana membuatanya jadi jelas baca saja artikel saya yang lain dengan judul “KEEP IT CLEAR” di blog ini juga kok.

w  Listen to what to listen to
Sebagai guru anda akan didengar oleh siswa, namun sebaliknya anda juga akan mendengar banyak hal, oleh karena  itu seorang guru harus mampu memilah dan memilih apa yang harus didengarkan. Artinya  seorang guru harus bisa memilih mana yang harus ditanggapi dari semua yang didengar. Tidak semua hal yang didengar di kelas harus ditanggapi. Sebagai guru janganlah terlalu berperasaan sensitif, sehingga setiap ada omongan sedikit saja dijadikan masalah. Kalau anda termasuk yang memiliki perasaan sensitif begini saya pastikan anda akan sangat capai bermasalah dalam bekerja sebagai guru, dengan begitu mulailah memilih milih apa yang harus ditanggapi dari apa yang anda dengar di dalam kelas. Anda cukup memperhatikan hal  hal yang penting saja. Jangan sibukkan dii dengnhal hal yang tidak penting, tindakan sia sia yang menguras tenaga. Kata orang barat “  It is not good to have sensitive feeling but it will helpful to have sensitive mind


w  Able to manage classes
Guru yang hebat juga wajib mampu mengatur suasana kelas sehingga kondusif untuk belajar, selain itu juga wajib menjaga tingkah laku siswanya agar ruang kelas tetap dalam kondisi aman dan nyamman untuk belajar. Untuk bisa menciptakan suasana yang seperti ini, guru hebat wajib mempunyai pemahaman dan ketrampilan tentang:
w       Classroom managements
w                                            Behavior managements
Classroom management akan berguna bagi guru untuk mendisgn atau men-setting bentuk dan suasana kelas sehingag cocok dan sesuai dengan proses belajar mengajar yang akan berlangsung, sementara behaviour management adalah upaya yang terprogram dari seorang guru untuk menata dan mengatur tingkah laku siswa dengan standard standard yang sudah dipersiapkan dan ditentukan. Kedua hal ini sedikit banyak sudah saya tulis juga di blog mini. Kalau pembaca ingin tahu ya muter muter sebentar dech di blog ini.

w  Make good assessments and evaluations
Penilaian dan evaluasi yang baik dan tepat untuk kemajuan siswa juga akan sangat berdampak pada motivasi dan semangt siswa untuk maju. Oeh karena itu guru waji tahu bagaimana memberi evaluasi yang baik pada siswanya. Boleh dikata penilaian autenthik adalah penilaian yang terbaik bagi siswa kita, Cuma sayangnya penilaian authentik tidak sejalan dengan kebijakan kemtrian pendidikan di negara Indonesia ini. Satu kalimat dlam bahasa inggris yang berkesan dalam hati saya tentang evaluasi siswa adalah “It is important to make students know the right answers, but the most important is making them have the proper reasons to the right answers”. Semoga kaliamat ini memberi inspirasi bagi bapak dan ibu guru semuanya untuk mampu membuat alat evaluasi yang baik bagi siswanya.
Terima kasih. Semoga berguna....