Selasa, 12 Februari 2013

Ketrampilan Hidup Leaderpreneurship untuk Sekolah Masa Depan





Perkembangan tehnologi, utamanya tehnologi informasi yang begitu pesat, bukan saja membawa kemudahan kemudahan di semua sektor kehidupan manusia, tapi ternyata membawa dampak sosial ekonomi yang tak terpikirkan sebelumnya. Sistem hubungan sosial berubah, karena tehnologi informasi mampu meniadakan jarak dan waktu bagi manusia untuk berinteraksi.  Kita bisa berinteraksi dengan siapapun secara instant dimanapun dan kapanpun , hal yang sangat mustahil untuk bisa dilakukan 30 tahun yang lalu. Secara ekonomi tehnologi juga menjanjikan efektifitas dan efisensi kerja yang luar biasa. Saking efektif dan efisiennya pekerjaan yang bisa dilakukan tehnologi, samapai tenaga manusia tidak dibutuhkan lagi. Akibatnya banyak pekerjaan yang dulu ada sekarang sudah menghilang, dan akhirnya muncul juga pekerjaan pekerjaan baru yang sepuluh tahun yang lalu saja tidak terbayangkan adanya.
Namun sayangnya ketrampilan hidup yang diajarkan di sekolah pada siswa siswinya masih ketrampilan hidup saat tehnologi dan utamanya tehnologi informasi belum berkembang seperti sekarang. Ketrampilan hidup yang diajarkan disekolah masihlah ketrampilan hidup dimana dunia masih menggunakan tehnologi  lama dan tehnologi  informasi masih sangat sederhana. Ketrampilan hidup yang didapat disekolah tak lebih dari kemampuan mengerti dan hafal bberapa teori pengetahuan, mampu lulus ujian punya ijasah dan bisa mencari kerja diperkaantoran.  Sedangkan seperti yang sudah diutarkan diatas, bahwa kehadiran perkembangan tehnologi yg bgt pesat telah meniadakan jenis jenis pekerjaan yng bisa dikerjakan orang yang “pinter” dengan nilai ujian tinggi. Pekerjaan pekerjaan yang tersedia telah berubah dan akan terus berupah dengan cepat, oleh karena itu ketrampilan hidup yang diajarkan di sekolah sudah seharusnyalah segera dirubah sesuai dengan permintaan jaman, atau setidaknya  ketrampilan hidup yang harus diajarkan sekolah ada siswa siswinya haruslah ketrampilan hidup yang bisa secara  fleksibel di-up grade untuk mengikuti jaman dimana siswa siwi itu nanti hidup dan menghidupi diri.
Hal ini tentu adalah tugas berat sekolah untuk memformulakan ketrampilan hidup apap yang harus diajarkan dan bagaimana mengajrkannya. Tentu saja hal ini memerlukan kreatifitas, inovasi  dari warga sekolah yang visioner untuk menentukan.
Nah, dalam tulisan singkat ini, penulis hanya ingin urun rembug, memberi masukan , atau setidaknya melempar ide untuk di diskusikan dengan sidang pembaca semuanya. Penulis mempunyai  akan melempar beberapa ketrampiln hidup yang bisa diajarakn di sekolah demi masa depan siswa siswi kita. Tentu kebenaran ide ini masih perlu dikajilagi, oleh karena itu sejak awal penulis sudah menyatakan bahwa ide ini masih debatable dan ingin di diskusikan dengan sidang pembaca.
Mengingat dimasa depan, tehnologi masih akan terus berkembang, situasi soaial ekonomi akan terus bergeser, sumberdaya alam akan makin menipis, perekonomian tidak lagi akan berbasis pada perekonomian manufacturing lagi dan perekonomian kreatif akan jadi trend ke depan, maka ketrampilan hidup (life skills) yang perlu diajarkan pada siswa disekolah adalah sebagi berikut:
          Understanding oneself and others
          Communication skills
          How to get along with others
          Learning to learn
          Decision making
          Managing
          Organizing/ working along with others
          Inovation
          creatifity
          Risk taking
          Business perspectives
          Opportunity building  
          Self understanding.
          Marketing
          Selling
          Foreign languages
          Information technology
          Management
          Administration
Terus terang penulis agk malas untuk menjelaskan “kenapanya” untk tiap ketrampilan hidup yang ada, namun bisa penulis katakan bahwa tujuh ketrampilan hidup pertama adalah ketrampilan hidup yang terkait dengan kepemimpinan, 8 ketrampilan hidup berikutnya adalah ketrampilan hidup yang terkait dengan kemampuan berbisnis atau menjalankan tindakan entreprenerial dan 4 ketrampilan yang terakhir adalah ketrampilan hidup yang akan mendukung dua kelompok ketrampilan hidup yang sebelumnya yaitu ketrampilan hidup kepemimpinan dan kewirausahaan atau dalam bahasa inggris disebut sebagai leadership life skills and entrepreneurship life skills. Dan kalau mau diperpendek itu semua adalah ketrampilan hidup LEADERPRENEURSHIP yang wajib dipunya semua siswa sekolah.  Semoga berguna....