Rabu, 27 April 2011

ARAH PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK



Dibawah ini kami sajikan karakter karakter unggulan yang dibutuhkan anak didik dimasa masa mendatang. Karakter karakter ini kami kumpulkan dari beberapa sumber agar menjadi masukan bagi sidang pembaca yang mulia dalam mengembangkan konsep pendidkan bagi siswa siswi di sekolah masing masing.
Untuk itu kami berikan saran, arahkanlah siswa siswi kita ini untuk belajar memiliki karakter karakter berikut:

INQUIRERS ( selalu ingin tahu)
Mampu memupuk keingintahuan, senang meneliti dan mempelajari hal hal baru

CRITICAL THINKERS  (Pemikir kritis)
Mengasah kemampuan berfikir, menganalisa dan mengenali kondisi lingkungan untuk mendapatkan gambaran yg tepat atas sesuatu atau membuat keputusan yg beralasan

PROBLEM SOLVERS (Mampu memecahkan masalah)
Mampu menggunakan pengetahuan dan pikiran kristisnya untuk memecahkan masalahnya sendiri

EFFECTIVE COMMINICATORS ( mampu berkomunikasi secara efektif)

Mampu mengekspresikan ide ide dan informasi dengan percaya diri lewat berbagai media dan macam cara berkomunikasi

SELF-DIRECTED LEARNERS (Mandiri)
Mampu memacu semangat diri agar termotivasi untuk mencapai taraf hidup dan kepandaian yg lebih tinggi

COLLABORATIVE WORKERS (Mampu bekerja sama)
Mampu menggerakkan orang lain untuk bekerja bersama sama mencapai suatu tujuan

MORAL AND TOLERANT INDIVIDUALS (Berbudipekerti luhur)
Mampu menghargai dan menghormati perbedaan tanpa merasa lebih baik dan mampu menerima orang lain

CARING (Penuh perhatian dan membantu sesama)
Memiliki empati, rasa kasih sayang terhadap sesama, mau berbuat untuk kepentingan orang lain

OPEN MINDED (berpikiran terbuka dengan cakrawala yang luas)
Bersikap terbuka terhadap sudut pandang, nilai nilai dan tradisi orang lain.

RISK TAKERS (Berani ambil resiko)
 Berani dan mampu menunjukan pikiran yg matang dalam menghadapi situasi baru, ketidakpastian dan peran peran baru

OPPORTUNITY SEEKERS  (Mampu melihat peluang)
 Berani dan mampu mengexplorasi pikiran dengan kemampuan analisa dan asosiasi yang handal sehingga siswa mampu menangkap adanya peluang peluang yang bisa digarap untuk kejayaan masa depan.


PRINCIPLED (berprinsip)
Memiliki kejujuran, integritas diri sehingga mampu bertanggungjawab atas perbuatannya sendiri

REFLECTIVE ( Mampu mengevaluasi diri)
Mampu memahami kelebihan dan kelemahan diri untuk mendukung pengembangan diri  


Sebagai catatan daftar dari karakter karakter diatas sekarang ini juga sudah tertempel di dinding sebuah sekolah yang sedang kami tangani pengembangannya, agar dipahami sivitas akademika yang bersangkutan dan mereka mengerti kemana harus melangkah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya sangat berterimakasih kalau anda tinggalkan komentar disini / Would you please leave a comment or a critique for the sake of my future writing improvements?

Pendidikan Abad 21 Wajib Mendorong Siswa Untuk Melek Informasi.

  Sudah berulang kali penulis sampaikan bahwa pendidikan di abad 21 haruslah bersifat berbagi informasi, tidak lagi bersifat penyuapan inf...